Muslimahwahdah.or.id – Muslimah Wahdah sebagai Ormas Islam, selain bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan, sosial dan kesehatan juga bagaimana bisa menyentuh ranah ketahanan keluarga. Ketahanan keluarga dianggap sebagai pilar ketahanan nasional dimana setiap unsur dalam keluarga harus mendapatkan perhatian khusus.

Bidang ketahanan keluarga di Muslimah Wahdah menyentuh berbagai aspek, seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pembinaan anak dan remaja, pemudi hingga lansia pun harus menjadi fokus perhatian.

Sejalan dengan hal tersebut diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak, salah satunya dari institusi pemerintahan. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai institusi pemerintah yang sangat erat kaitannya dengan keluarga.

Dalam rangka menyongsong Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) XV, Muslimah Wahdah dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Muslimah Wahdah, Ustadzah Zelfia Amran, S.IP., MM, M.Sos,I.dan Ustadzah Hijrayanti sari, S.Sos, M.I.Kom sebagai Ketua Biro Humas Muslimah Wahdah mengadakan audiensi sekaligus silaturahmi ke kantor BKKBN Sulsel, Jl Hertasning.

Sambutan hangat dari Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Dr. Faizal Fahmi, SKM, M.Kes dan Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sulsel,   Irmawahyuni Bachtiar, S.Hut.

Ustadzah Zelfia menjelaskan terkait audiensi ini agar Muslimah Wahdah dan BKKBN bisa bersinergi dalam beberapa program yang mungkin saling keterkaitan satu sama lain khususnya dalam bidang Ketahanan Keluarga.

Muslimah Wahdah sendiri memiliki majelis taklim yang tersebar pada setiap daerah, ini bisa dimanfaatkan untuk langsung menyentuh masyarakat terkait edukasi khususnya di bidang keluarga. “Kami punya tim MT yang bergerak di masyarakat dan komunikasinya sangat baik. Yang kami diperlukan dari pihak BKKBN untuk menyuluh secara intens, kalau secara intens memungkinkan mereka lebih paham,” ujarnya.

Respon positif dari BKKBN setelah menjelaskan terkait tugas dan fungsi BKKBN ada beberapa kesamaan yang bisa bersinergi antara program Muslimah Wahdah dan BKKBN Sulsel.
“Menarik sebenarnya itu, karena kita kan temanya luas, remaja, pengasuhan membangun keluarga sakinah mawaddah warahmah,” ujar Dr. Faizal Fahmi, SKM, M.Kes.

Faizal melanjutkan agar pertemuan ini ke depannya ada tindak lanjut. “Kita bisa jajaki kerjasama kedepannya, agar bisa tindak lanjut dari pertemuan ini supaya bisa bergerak bersama, semakin banyak yang menggarap semakin bagus. “ tambahnya.

Audiensi ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Muslimah Wahdah kepada BKKBN Sulsel dengan harapan aka nada sinergi bersama dalam membangun pilar ketahanan bangsa melalui ketahanan keluarga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here