MAKASSAR, Muslimahwahdah.or.id– Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah ustadz Muhammad Zaitun Rasmin melaunching program nasional Wahdah Islamiyah yakni Gerakan Mengurangi Sampah Plastik.

Launching dilakukan saat mengisi tabligh akbar sekaligus silaturahmi Wahdah Islamiyah di masjid Anas bin Malik kampus STIBA, Ahad 23 Juni 2019.

Meski baru dilaunching namun gerakan ini telah dimulai oleh Muslimah Wahdah sejak beberapa bulan lalu. Bahkan secara serius mencari berbagai alternative kemasan dan wadah untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan. Beberapa diataranya adalah menyediakan wadah air minum, godybag khusus untuk belanja, kemasan kertas pengganti plastik dan kedepan siap memproduksi secara massal guna mensuplay ketersedian wadah tersebut di beberapa wilayah dan daerah jangkauan.

Program ini kata ustadz Zaitun adalah sebagai wujud kepedulian Wahdah Islamiyah terhadap Lingkungan Hidup. Menurut penelitian sampah plastik sangat susah untuk terurai dan berpotensi mencemari lingkungan.

Beberapa tahun sebelumnya Wahdah Islamiyah juga telah memprogramkan LISA DARA APIK yang merupakan akronim dari Lihat sampah ambil, tidak rapi, rapikan!

“Saya tidak ingin program ini hanya sekedar formalitas, sekedar ucapan, mari kita wujudkan,” ustadz Zaitun menegaskan.

Menurut ustadz Zaitun ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan sampah. Yang pertama adalah Reduce, yakni mengurangi sedapat mungkin sampah. Kedua adalah Reuse yakni menggunakan bahan alternatif yang bisa dipakai berulang-ulang. Dan ketiga adalah Recycle yakni melakukan daur ulang terhadap sampah sehingga bisa bermanfaat kembali.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here