Jangan mengeluh ketika Allah membebankan banyak amanah dakwah ke pundakmu. Nikmatilah, dan mintalah Dia menguatkanmu untuk mengembannya. Karena ketika Dia mengambil satu persatu amanah itu, baru engkau merasa betapa tak berartinya dirimu tanpa amanah.

Dan ketika hal itu terjadi, maka engkau akan diberi keluangan waktu untuk bergelut dengan duniamu, sementara itu hatimu akan terasa makin kosong dan ikatan ukhuwahmu akan semakin melonggar.

Kenikmatan duniawi takkan memuaskan bathinmu, bahkan akan makin menyiksamu dengan kebutuhan yang menyibukkan dan menuntut untuk selalu dipenuhi.

Hidup tanpa amanah dakwah mungkin membuatmu merasa lapang menjalani kehidupan duniamu, tapi bukankah kehidupan dunia itu hanyalah sementara dan persinggahan saja??!

Tujuan utama adalah ke negeri akhirat dimana takkan ada lagi keluh kesah, takkan ada lagi beban dan tak ada lagi kesedihan. Maka akankah memuaskan diri hanya memenuhi kebutuhan dunia saja?

Lalu …bekal apa yang akan dibawa untuk melewati perjalanan panjang¬† menghadap-Nya kelak???

Harta, jabatan, sanak saudara, handai taulan …saat itu akan sibuk mengurusi diri mereka masing-masing.

Saat itu …kekayaan, senda gurau dan permainan di dunia pun akan datang sebagai beban untuk dipertanggung jawabkan.

Maka nikmatilah amanah itu ketika Dia membebankannya ke pundakmu. Lalu mintalah hati yang ikhlas, keimanan yang kokoh dan ketakwaan  untuk selalu istiqamah dalam memikulnya. [ muhasabah diri ]

Penulis: Um. Azizah_Ida Sulawati , Muslimah Wahdah Cabang  Tanasitolo, Kab. Wajo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here