Makassar, Muslimah Wahdah Islamiyah gelar Webinar sebagai salah satu rangkaian Menyambut Muktamar IV Wahdah Islamiyah, Sabtu (23/10/2021)

Ibu Dr.Nurhayati Aziz, S.E., M.Si. selaku Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulsel Secara spesifik mengingatkan tentang peran perempuan dalam merawat dan mendidik anak-anak  menjadi generasi yang semangat,aktif dan berakhlak Qur’ani demi keutuhan sebuah keluarga yang bahagia. Seorang ibu mampu mendidik dengan ketegasan secara mental maupun fisik yang  berawal saat mengandung dan melahirkan yang tidak dirasakan oleh kaum laki-laki.

Beliau melanjutkan bahwa Peran ibu sebagai teladan bagi anak terutama saat pandemi, merasakan kesempatan dalam beradaptasi. terdapat sekitar 79% orang tergantung pada kecanggihan digital. Dimana sebagian besar  berintegrasi ke dunia digital, sehingga menuntut kita untuk cakap, kritis dan waspada. Kritis terhadap berita bohong, bijak diruang digital, penting saring sebelum sharing, posting yang penting bukan yang penting posting.

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa Pendidikan karakter dalam penanaman nilai Akhlaqul karimah menjadi modal utama dalam mendidik anak. Dimana orang tua khususnya ibu sebagai sahabat  bagi anak-anak kita dengan senantiasa memperhatikan perlakuan dalam 9 M yaitu, menjadi pendengar yang baik, meyakinkan bahwa orang peduli, menjadi pendamping dalam belajar, memberi pujian dan apresiasi, mengajak anak berdiskusi, memberi ruang berinteraksi, membangkitkan rasa percaya diri.

Ibu Dr. Nurhayati kembali menegaskan tentang tanggung jawab sebagai orang tua utamanya perempuan sebagai ibu yang memiliki banyak gaya dalam merawat dan mendidik namun yang perlu dihindari yaitu memerintah, meremehkan, membandingkan, mengancam, mengkritik dan menyinggung. Namun yang utama juga bahwa menjaga komunikasi dengan suami dan anak-anak menjadi salah satu modal dalam mendidik, “komunikasi jangan pernah putus” ungkapnya.

Di akhir orasi beliau katakan membangun relasi cinta dengan keluarga sangatlah penting bahwa hubungan anak dan orang tua bukan sebatas itu saja tapi anak juga adalah sahabat.

Baca juga http://muslimahwahdah.or.id/asisten-deputi-kemenpppa-eko-novi-ajak-muslimah-wahdah-bersinergi-mengambil-peran-pengasuhan-anak/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here