Wahdah Islamiyah sebagai salah satu organisasi masyarakat yang bernafaskan Islam tentu bersandar pada Al-Qur’an dan As-sunnah. Olehnya dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) DPP Wahdah Islamiyah hari kedua, Sabtu (29/01/2022) mengagendakan pembahasan terkait Khidmah Al-Qur’an dalam Sidang Komisi.

Hasil sidang komisi ini memaparkan program-program andalan yang nantinya akan diintegrasikan bersama Dewan Perwakilan Wilayah (DPW), Dewan Perwakilan Daerah (DPW), Muslimah Wahdah Wilayah (MWW) dan Muslimah Wahdah Daerah (MWD).

Adapun program-program andalan diantaranya Dirosa, Tahfidzul Qur’an, Kelas Terjemahan Al-Qur’an dan Kajian Umum Tadabbur Al Qur’an. Program-program Khidmah Al-Qur’an ini tidak hanya menyasar internal Wahdah Islamiyah sendiri, melainkan akan ada program untuk masyarakat umum.

Selain program-program tersebut, tahun 2020 Wahdah Islamiyah Khidmah Al-Qur’an juga menargetkan untuk membuka TKQ dan TPQ dikhususkan untuk anak-anak. Sehingga akan disusun kurikulum, silabus dan panduan demi suksesnya terselenggara program ini. “Kami ingin bisa dimanfaatkan maksimal, maka perlu dilengkapi dengan panduan pengajaran secara lengkap,” ujar Ustad Ahmad Yani Abdul Karim selalu pimpinan sidang bidang Khidmah Al-Qur’an.

Agar program dapat terselenggara dengan mumpuni, haruslah disokong dengan penyiapan SDM. Bidang Khidmah Al-Qur’an juga membuat program seperti Diklat untuk Pengajar Dirosa, Tahfidzul Qur’an. Tahun ini akan direncanakan pembelajaran tahfidz yang ada di pendidikan dan pembinaan kita seperti menyiapkan tenaga ekspertis Al-Qur’an (menguasai qiraah asyarah dengan ijazah sanad).

Adapun program baru tahun ini, akan adanya program sertifikasi imam. “Kita membangun kepercayaan diri terlebih dahulu dan akan kerjasama dengan lembaga yang lain mengokohkannya eksistensi agar WI layak memberikan sertifikasi imam,” ujarnya.

Baca juga http://muslimahwahdah.or.id/peduli-lansia-2022-siapkan-lembaga-pendampingan-dan-pembinaan-lanjut-usia/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here