Sebanyak 1115 peserta Seminar dan Tasyakuran Dirosa Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Pinrang dari berbagai Kecamatan di Pinrang membanjiri gedung Indoor Kantor Bupati Pinrang pada Ahad, 8 Desember 2019.

Kegiatan yang merupakan salah satu program kerja dari unit Pembinaan, Pengajaran dan Tahfidzul Qur’an (P2TQ) Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Pinrang ini menghadirkan pemateri Seminar dan Tasyakuran Dirosa Ustadzah Liza Harits, S.P, Da’iyah sekaligus Trainer Muslimah Wahdah Pusat yang didampingi oleh Sitti Ida Nasir sebagai moderator.

Dalam sambutannya, Ketua Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Pinrang, Suzianti Syamsul S.Pd. menyatakan “Kegiatan Dirosa ini sebagai bentuk partisipasi Muslimah Wahdah Pinrang dengan program pemerintah Kabupaten Pinrang dalam mengentaskan Buta Aksara Al-Qur’an khususnya di kalangan Muslimah”

Kegiatan ini dibuka oleh ibu Hj. Mujahidah S,Ag. dari Kementrian Agama Kabupaten Pinrang. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan apresiasinya. “Kementerian agama mengapresiasi kegiatan Dirosa ini dan diharapkan para peserta dirosa tidak hanya dibekali dengan kemampuan baca tulis Al-Qur’an tetapi juga ilmu dasar keislaman yang akan berguna dalam mendidik anak-anaknya” ungkapnya.

Selanjutnya, prosesi tasyakuran bagi para peserta dirosa yang sebelumnya telah menyelesaikan munaqasyah atau ujian akhir usai mengikuti halaqah dirosa sebanyak 20 kali pertemuan dan dinyatakan lulus. Antusiasme peserta terlihat dengan membludaknya jumlah peserta tasyakuran serta kedatangan mereka yang sangat awal memenuhi gedung indoor Kantor Bupati Pinrang.

Meski mayoritas peserta adalah ibu-ibu namun juga terlihat beberapa yang telah berumur, bahkan ada yang lebih dari 50 tahunan. Para peserta ini juga terdiri dari latar belakang profesi yang berbeda. Dari ibu rumah tangga, pegawai, pengusaha hingga ASN.

Salah seorang peseta, Arni Dulfi dari Kelompok Dirosa Ali Imran 14 Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air mengungkapkan kesannya. ” Alhamdulillah, kegiatan ini sangat berkesan, mulai dari peserta, panitia dan pemateri semua sangat antusias, apalagi dihadiri oleh beberapa Ibu Camat. Selain itu peserta dirosa sangat bersemangat dalam mengikuti setiap pertemuan pembelajaran Dirosa sebelumnya”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here