Gadget yang terhubung  sistem daring dengan  berbagai fitur ibarat pisau  bermata dua. Keresahan ini memicu Muslimah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Wahdah Islamiyah Sulsel menggelar kegiatan Majelis Ibu dengan tema ‘Pengaruh Gadget Terhadap Tumbuh Kembang Anak’. Kegiatan dilaksanakan melalui virtual Zoom, Sabtu (26/3/22).

Kegiatan Majelis Ibu ini mengundang konselor keluarga yang juga sebagai Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Anak dan Remaja (LPPAR) Muslimah Wahdah Pusat (MWP), Ustadzah Herdah Hasanah, S. Pd. Menurutnya mendidik anak adalah proses yang tidak instan. “Proses mendidik anak bukanlah sesuatu yang bisa dijalankan secara mendadak dan bukan pula proses mendidik secara instan, ingin segera mendapatkan hasil ataupun serba tergesa-gesa,” ungkapnya mengawali materi.

Penulis buku “Berdamai dengan Gadget” ini juga menambahkan bahwa pendidikan anak hendaknya  dilakukan dengan memperhatikan tumbuh kembang anak dengan keterampilan dan kesabaran. Apalagi dengan pengaruh gadget butuh pendampingan dalam proses tumbuh kembangnya.

Maka dari itu peran penting seorang ibu dalam pengasuhan sangat dibutuhkan. “Ibunyalah yang membentuk karakter pola asuhnya. Seorang ibu harus sabar dalam membersamai anak-anaknya bukan menjadikan gadget sebagai solusi, ketika kita memiliki sebuah aktivitas dan anak itu mengganggu maka jangan diberikan gadget. Berikan dan alihkan perhatian anak dari gadget dengan aktivitas menarik lainnya,” lanjutnya.

Ketua Muslimah DPW WI Sulsel memberikan penghargaan dan harapan yang sangat besar atas terselenggaranya acara ini. “Kegiatan ini sarat akan suplemen bagi ummahat pengurus dan kader takwiniyah se-Sulsel. Sebagai pengurus dan ummahat dibutuhkan keahlian dan kesabaran dalam mengatur menajemen keluarga sebagai pondasi penguatan ketahanan keluarga,” tutur Ustadzah Megawati Abdul Kadir.

Kegiatan ini menjadi topik yang menarik bagi para ibu, hingga menghadirkan lebih dari 700 peserta muslimah takwiniyah dan juga para Muslimah DPW WI Sulsel. Peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara langsung maupun melalui chat room pada sesi sharing session yang dipandu oleh ketua Lembaga Pernikahan dan Pembinaan Keluarga Sakinah (LP2KS) Muslimah DPW WI Sulsel, Andi Dahmayanti, S. Si. Ia berharap kegiatan-kegiatan seperti ini menjadi penguatan bagi pengurus agar lebih siap berkarya untuk ummat namun tetap eksis mengurus keluarga mencetak generasi-generasi pejuang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here