MAROS – Satuan Tugas Wahdah Tanggap Corona kembali menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis di dua Puskesmas se Kabupaten Maros, Puskesmas Mandai dan Puskesmas Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis 2 April 2020.

APD yang disalurkan berupa Face Shield, baju terusan, masker, dan hand sanitizer. Selain APD, tim WITC juga memberikan bantuan suplemen berupa Kurma kepada petugas medis yang berada di kedua puskesmas tersebut.

Ibnu Hajar selaku relawan WITC melaporkan, bantuan ini merupakan program WITC dalam menghadapi Covid-19, khususnya mendukung Garda Terdepan Tim Medis Covid-19 dalam melaksanakan tugasnya.

Penyaluran bantuan APD di Puskesmas Mandai diterima langsung oleh dr. Eka Lestari selaku tenaga medis penanganan Covid-19 di puskesmas tersebut.

Eka menyampaikan, Puskesmas Mandai untuk penanganan Covid-19 mulai membatasi pasien, yakni ntuk yang sakit biasa diarankan penanganan dengan istrahat di rumah, untuk pasien batuk dan flu pihak Puskesmas mengadakan ruangan terpisah dengan pasien biasa.

Dokter Eka juga menyebutkan, bahwa kondisi APD tenaga medis di puskesmas tersebut sangat terbatas.

“Selama ini kami pakai APD seadanya, setelah dipakai sekali langsung kami cuci lagi. Alhamdulillah ada bantuan ini yang sangat membantu kinerja kami,” terang Eka sambil menunjukkan APD sederhana yang digunakan tenaga medis di puskesmas tersebut, seperti Jas hujan, dan APD lainnya.

Sementara itu, penyaluran bantuan APD di Puskesmas Bantimurung diterima langsung oleh dr. H. Muhammad Yunus selaku Kepala Puskemas Bantimurung.

Setelah menerima bantuan APD berupa Face Shield, masker, baju terusan, dan suplemen berupa 1 dus kurma, Muhammad Yunus menyampaikan terimakasih atas bantuan yang tekah disalurkan karena telah menjawab kebutuhan APD tenaga medis yang sangat terbatas.

Baca juga http://muslimahwahdah.or.id/muslimah-wahdah-sumbang-paket-sarapan-bagi-tenaga-medis-dan-relawan-di-rumah-sakit-ibu-dan-anak-rsia-sayang-bunda-makassar/

“Diantara program yang kami laksanakan adalah sosialisasi langsung ke tengah masyarakat berkaitan dengan Covid-19, termasuk yang utama adalah pelayanan masyarakat yang datang memeriksakan diri,” tambah Muhammad Yunus.

Selain penyaluran APD, diantara Program Wahdah Tanggap Corona lainnya adalah penyemprotan disinfektan fasilitas kesehatan dan masyarakat seperti rumah sakit, masjid dan pasar-pasar rakyat, bantuan logistik untuk kaum dhuafa yang terdampak akibat Covid-19, dan program lainnya .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here