Untuk meningkatkan kondisi kesehatan anggota Muslimah Wahdah, Departemen Kesehatan Farmasi dan Olahraga (Depkesfarga) Muslimah Wahdah Pusat meluncurkan dan mengadakan pembekalan Program Duta Sehat Halaqah, Sabtu-Ahad (2-3/07/22). Diadakan secara daring, kegiatan ini menyasar perwakilan setiap halaqah (kelompok belajar Islam) se-Indonesia. Sebanyak 250 peserta mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan pengarahan mengenai urgensi dari program ini.

Menghadirkan pemateri dari kalangan tenaga medis, baik dokter maupun apoteker, kegiatan ini menyuguhkan materi yang padat, diantaranya pola makan bergizi seimbang, panduan gerak dan latihan fisik muslimah, penggunaan obat aman dan rasional, penanganan praktis kegawadaruratan rumah tangga, dan pola tidur sehat.

Ketua Depkesfarga, dr. Juniarty Naim, M.K.M menyatakan bahwa peserta kegiatan ini diharapkan nanti akan bertanggung jawab pada pelaksanaan tarbiyah jasadiyah di halaqahnya masing-masing. Selain itu juga bisa membantu dalam kegiatan promotif dan preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan dan menurunkan angka kesakitan di kalangan muslimah. Banyaknya hoax terkait kesehatan kadang sulit dibendung sehingga diharapkan duta kesehatan ini bisa membantu nantinya.”Duta sehat itu kita harapkan sebagai penanggung jawab tarbiyah jasadiyah dan juga perpanjangan tangan kami dalam memberi edukasi kesehatan kepada para muslimah,” jelas dokter umum yang juga bekerja di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ini.

“Selain itu di kalangan masyarakat secara umum, penyakit tidak menular begitu tinggi angka kejadiannya sehingga program ini bisa mengantisipasi dan menjaga kesehatan kader Muslimah Wahdah,” lanjutnya.

Kegiatan ini nantinya masih akan berlanjut 16-17 Juli 2022 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here