Bandung – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang melanda dunia saat ini menjadi kecemasan tersendiri bagi masyarakat. Terlebih karena Indonesia menjadi salah satu negara dengan presentase kematian tertinggi didunia yang diakibatkan oleh virus corona. Muslimah Wahdah Jawa Barat melalui Talk Show Kesehatan mengajak muslimah lebih meningkatkan imunitas tubuh dengan gizi nabawi, yaitu istilah yang mengacu pada konsep gizi Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam. “Allah tidak pernah menciptakan manusia dengan ditinggalkan begitu saja, Allah mengadakan penyakit pasti juga ada obatnya”, ujar Rosdianah Abd Rasyid, S.Pd saat membuka acara Talk Show Kesehatan dengan tema Gizi Nabawi, Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi, Sabtu (04/7/2020) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dr. dr. Ida Royani, M.Kes, Dosen FK Universitas Muslim Indonesia yang menjadi pembicara dalam acara tersebut terlebih dulu menjelaskan konsep sistem imun dalam tubuh sebagai perangkat dan modal yang Allah karuniakan pada tubuh manusia agar manusia tidak cepat punah karena penyakit. Menurut Dokter Ida, tumbuhan manfaatnya sama dengan vaksinasi yang bisa membangkitkan tentara dalam tubuh agar mengenali reseptor yang masuk dari luar. “Istilah gizi nabawi, bukan cuma mengacu bahan makanan saja, tetapi seharusnya bicara konsep gizi dari Rasulullah secara keseluruhan. Dalam Islam, gizi yang baik dan lengkap mengandung unsur yang diperlukan tubuh. Tidak ada satupun makanan yang gizinya lengkap, nah makanya diperlukan makanan beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan. Makan pun harus diatur, lambung kita harus dibagi menjadi sepertiga-sepertiga porsi. Sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga udara,” tegas beliau.

Lebih lanjut, Dokter Ida menjelaskan jenis-jenis bahan makanan dalam Islam yang juga terkandung dalam Kitab Suci Al Qur’an diantarnya delima, siwak, jahe, anggur, bawang merah, bawang putih, buah tiin, labu, gandum, kacang adas, pisang, jinten hitam, madu dan kurma.

Talk show tersebut dihadiri oleh hampir 100 partisipan yang merupakan muslimah dari seluruh Indonesia dan akan diagendakan rutin pada setiap bulan oleh Muslimah Wahdah Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here