Dunia industri tengah memasuki era baru yang disebut Revolusi Industri 4.0. Era ini berdampak ke berbagai bidang tak terkecuali jurnalisme. Perubahan yang semakin tahun semakin terlihat nyata, harus pula diikuti dengan kesiapan seorang jurnalis dalam penyampaian berita yang semakin aktual. Dalam upaya peningkatan kesiapan tersebut, Departemen Informasi dan Komunikasi Muslimah Wahdah Islamiyah Pusat  menyelenggarakan kegiatan Workshop Dakwah Media  bertemakan “Menjadi Jurnalis muslimah prokreatif di era 4.0 ” pada Jumat-sabtu , (16-17/07) bertempat di Gedung Wisma Bonthain Jakarta Pusat.

Workshop Dakwah Media Muslimah Wahdah Islamiyah

Diskusi sesi pertama menghadirkan Ukhti Indah Puspita Rukmini, S.Hum (redaktur Channel Muslim), pada kesempatan tersebut, beliau membeberkan bagaimana seorang jurnalis harus menghadapi era yang semakin modern ini. “ Segala hal hari ini sudah bisa dilakukan dengan gadget sehingga sebagai seorang muslimah kita tidak boleh gaptek. Indah juga menyampaikan bahwa tantangan teknologi sangat nyata serta mengajak bagi media islam dan muslimah untuk berperan” ujarnya.

Sesi diskusi kedua menghadirkan redaktur Republika Online yang membahas tentang Teknik menulis opini dan membuat judul yang viral kemudian di sesi ketiga oleh Syifa faradila (jurnalis dakta fm) yang membahas teknik membangun relasi di era 4.0. “Zaman sekarang, semua serba cepat, dan hal ini merupakan peluang bagi para pelaku humas dan infokom. SDM humas secara intensif harus mampu membina hubungan dengan media, pihak pemerintah dan swasta. Demikian ujar mba’syifa.

Acara ditutup dengan diskusi sesi keempat oleh ketua departemen infokom zelfia amran, sekaligus sebagai Pimpinan Redaksi muslimah wahdah.or.id. Beliau mempresentasikan tentang teknik desain media dakwah dan teknik dokumentasi kegiatan dakwah yang juga sangat diperlukan oleh seorang SDM infokom dan humas(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here