Muslimah Wahdah Islamiyah bekerjasama dengan Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil Prov. Sulawesi Selatan ( PINBUK SULSEL ) mengadakan Pelatihan Kewirausahaan selama 2 hari, dimulai pada tanggal 20 Oktober sampai 21 Oktober 2017. Diikuti sekitar 20 peserta dari pengurus Muslimah Wahdah. Acara bertempat di Gedung Pusat Dakwah Muslimah Wahdah Islamiyah.

Dalam kegiatan ini Fasilitator dari PINBUK Sulsel membawakan 3 materi. Materi pertama tentang konsep pemberdayaan ekonomi ummat berbasis koperasi syariah yang bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada peserta tentang pentingnya ummat Islam memiliki lembaga keuangan mandiri yang berada dalam kendali kaum muslimin.

Materi kedua tentang Aplikasi Pembukuan Sederhana SIAPIK. Materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pencatatan keuangan bagi UMKM dengan menggunakan aplikasi sederhana namun handal SIAPIK dari Bank Indonesia dan IAI. Peserta kemudian mengerti bahwa ada aplikasi pembukuan yang begitu mudah untuk digunakan. Aplikasi SIAPIK dapat di download dengan mudah di playstore. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan aplikasi yang lain.

Materi terakhir adalah Analisa Bisnis Berbasis Kanvas. Dalam materi ini dipaparkan bagaimana analisa bisnis secara mudah namun menyeluruh berbasis Kanvas. Sering kali bisnis UMKM gagal karena tidak dilakukan analisa yang menyeluruh sebelum bisnis tersebut dijalankan. Harapan peserta semoga pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara berkala.  Sumbber http://www.oleholehmakassar.co.id/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here