Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Muna melaksanakan kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah (DRM) di Gedung SD Ibnu Abbas Muna menghadirkan 43 peserta offline dan 37 peserta online pada Ahad (28/3/2021).

Kegiatan yang bertajuk Ramadhan Refleksi kebersamaan ini dibuka oleh ketua Muslimah Wahdah Muna Waode Atmanegara S.gz. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa program Daurah Ramadhan ini adalah merupakan program Nasional Muslimah Wahdah Islamiyah yang diselenggarakan serentak oleh masing-masing Muslimah Wahdah daerah dalam rangka menyambut bulan yang mulia, Ramadhan. “Tentunya, kegiatan ini sebagai bentuk cinta kami kepada para muslimah dan sebagai bentuk kebutuhan kita dalam rangka memperkenalkan bekal kita dalam menyambut bulan yang penuh berkah, bulan Ramadhan.” Tuturnya.

Ada dua materi yang diberikan kepada peserta pada kegiatan ini. Materi pertema dengan judul Fiqih Ramadhan dibawakan oleh Ketua Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Konawe ustadzah Ira Maya santi, S.Pd. I. secara virtual. Beliau menyampaikan bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dari 12 bulan yang Allah tetapkan bagi kita kaum muslimin. Ada satu bulan yang memiliki keutamaan yang luar biasa dibandingkan bulan-bulan yang lain, bulan ini adalah bulan suci ramadhan. Sehingga, pantas dan wajarlah kalau kemudian kita mempersiapkan diri kita dengan sebaik mungkin untuk kemudian menyambut bulan suci Ramadhan ini. Salah satu yang perlu kita siapkan adalah ilmu terkait bulan Ramadhan itu sendiri.

Selanjutnya, Materi ke dua juga dibawakan secara virtual oleh ustadzah Normalaela Patta Unjung S.Pd. (Ketua Divisi Pengembangan Usaha Muslimah DPW Wahdah Islamiyah Sultra) Dengan materi Amaliah-Amaliah bulan Ramadhan. “Bagaimana menyambut bulan Ramadhan? Kita harus menyambutnya dengan suka cita sebagaimana sepasang kekasih yang lama berpisah dengan kekasihnya selama 11 bulan”, tutur beliau. Adapun amalan-amalan Ramadhan yang disampaikan oleh beliau adalah berpuasa, membaca Al-Qur’an, tarwih/shalat malam, sedekah, umrah dan i’tikaf. Beliau menambahkan di akhir materi, untuk menjadi orang mulia di sisi Allah kita tidak perlu mencari aktifitas yang lain, banyak-banyaklah beraktifitas dan bermulazamah dengan Al-Qur’an. Apalagi ini bulan Qur’an, bulan Ramadhan maka sepantasnya di bulan Ramadhan ini kita semakin akrab dengan Al Qur’an.

Tak kalah dengan peserta online yang menyimak materi di room zoom hingga akhir para peserta offline juga sangat antusias pada kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here