Sinjai – Muslimah Dewan Pimpinan Daerah Muslimah Wahdah Sinjai mengadakan Daurah Ramadhan Muslimah (DRM) dengan tema “Ramadhan Refleksi Kebersamaan” yang bertujuan memberikan pemahaman keislaman bagi peserta dalam mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan.

Daurah ini digelar pada hari Ahad ini (28/03/2021) dengan menghadirkan peserta hingga 240 partisipan. Partisipan yang berasal dari beberapa kecamatan di Sinjai yang dilakukan di dua titik, titik 1 yakni Sinjai Utara, Sinjai Timur, Buluppoddo, Pulau 9, dan Kajuara. Titik 2 yakni Sinjai Selatan, Sinjai Tengah, Sinjai Barat, Sinjai Borong, dan Tellulimpoe.

Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, S.P, M.Sp. Beliau berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga akhir, “Pandemi sampai sekarang belum reda. Namun demikian, saya berharap hal itu tidak menjadi penghalang bagi kita untuk lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa dan kita berharap keridaan Allah”, ungkapnya.

Antusiasme peserta terlihat dalam room virtual ini dengan melihat jumlah peserta yang terus bertambah dan respon pada chat room yang menyampaikan kesan pertama selama mengikuti kegiatan ini.

Materi pertama mengenai “Fikih Ramadhan”, Ustadzah Rosniar Ambo Tang, S.Pd menyampaikan bahwa jangan sampai kita lalai dan meninggalkan ibadah-ibadah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan yaitu, malam terdapatnya malam lailatul qadr. Tidak hanya itu, ibu yang akrab disapa Ummu Thufail ini mengingatkan agar memperbaiki niat dalam berpuasa, memperhatikan sunnah-sunnah berpuasa dan hal yang dapat membatalkannya.

Sementara itu, materi mengenai “Amaliah-amaliah Ramadhan”, Ustadzah Firnawati Arsyad mengajak peserta agar senantiasa meningkatkan amalan-amalan wajib dan sunnah di bulan Ramadhan sebagai sarana mencapai takwa dan mendekatkan diri kepada Allah. “Tidak ada manusia yang telepas dari dosa maka mari kita memperbaiki amal ibadah kita di bulan Ramadhan nanti”,tandasnya.

Daurah ini diakhiri dengan pemberian doorprize kepada 3 peserta dengan kriteria tertentu. Alhamdulillah para peserta memperoleh manfaat kebaikan dari kegiatan daurah ini, seperti halnya diungkapkan dalam kesan dan pesan peserta di room chat zoom.

“MasyaAllah semoga dengan daurah ini bisa menjadikan kita lebih baik untuk menyambut bulan suci Ramadhan.” harap salah satu peserta daurah Ramadhan muslimah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here