Minggu, 11 April 2021
Beranda blog

Wahdah Islamiyah Wilayah Sulsel Bekali Ribuan Muslimah Ilmu Seputar Ramadhan

0

Demikian mulianya Ramadhan, hingga jauh hari sebelum memasukinya Rasulullah dan para sahabatnya mempersiapakn diri dengan sebaik-baik bekal. Demikianlah Muslimah Wahdah Wilayah Sulsel bekerjasama dengan Muslimah Wahdah Daerah (MWD) dan Muslimah Wahdah Cabang se-Sulsel menggelar Daurah Ramadhan Muslimah serentak di 61 titik se-Sulsel secara virtual via Zoom, Ahad (28/3/21).

Kegiatan DRM dihadiri 7142 peserta dari 22 Kabupaten se-Sulsel, diantaranya Bone 258 peserta, Selayar 94 peserta, Sidrap 194 peserta, Jeneponto 106 peserta, Luwu 76 peserta, Pinrang 98 peserta, Palopo 250 peserta, Wajo 385 peserta, Soppeng 106 peserta, Bantaeng 86 peserta, Luwu Utara/Masamba 85 peserta, Takalar 85 peserta, Pare-pare 58 peserta, Barru 915 peserta, Luwu Timur 127 peserta, Sinjai 256 peserta, Pangkep 158 peserta, Maros 458 peserta, Enrekang 205 peserta, Gowa 431 peserta, Bulukumba 217 peserta, dan Makassar 706 peserta.

Bulan yang mulia ini selalu saja disambut dengan suka cita dan euforia luar biasa. Kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat penyelenggara untuk menyukseskan DRM tahun ini.

Sebagai penyelenggara utama kegiatan, ketua Divisi Dakwah Muslimah DPW Wahdah Islamiyah Sulawesi Selatan, Ustadzah Kurnaemi Anita, S.T., S.H., ME., menyampaikan bahwa acara DRM ini digelar untuk membekali para muslimah sebelum memasuki bulan mulia, bulan suci Ramadhan, yang tinggal menghitung hari.

“Belum terlambat untuk berbenah dan mengisi amunisi menuju ajang perlombaan amal yang sesungguhnya di bulan Ramadhan. Apalagi tema yang diangkat pada daurah ramadhan muslimah kali ini adalah Ramadhan Refleksi Kebersamaan. Diharapkan dengan sajian pada daurah ini bisa membangkitkan kesadaran dan empati para muslimah untuk mau berbagi kebahagiaan dengan kaum muslimin yang lain dengan berkontribusi untuk sejumlah kegiatan dakwah muslimah, diantaranya berbagi iftor untuk kaum duafa, tebar mukena, kado untuk anak yatim dan seabrek kegiatan sosial kemanusiaan dan dakwah lainnya, sebagai wujud dari refleksi kebersamaan yang diharapkan akan lebih terasa dalam bulan Ramadhan kali ini.” ujarnya dalam wawancara virtual, Makassar, Selasa (30/3/2021).

Perdana, Muslimah Wahdah Kolaka Gelar Daurah Ramadhan Muslimah 1442 H

0

Kolaka – Daurah Ramadhan Muslimah yang pertama kali digelar oleh Unit Dakwah Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Kolaka pada hari Ahad (28/3/2021) yang bertemakan “Ramadhan Refleksi Kebersamaan” Live via Zoom Meeting menghadirkan sebanyak 698 muslimah (162 Online dan 536 Offline) yang tersebar di 7 titik Kecamatan yang ada di Kolaka. selain itu peserta online juga ada yang berasal dari luar daerah kolaka seperti Buton Tengah dan yang yang paling jauh Berasal dari Buli Halmahera utara. Daurah Ramadhan yang offline di beberapa kecamatan juga dihadiri oleh Ibu-ibu Kepala desa dan Ibu Ketua BKMT kecamatan tersebut.

Acara Daurah Ramadhan ini dibuka oleh Ketua Muslimah Wahdah Daerah Kolaka Ustadzah Nani Aguslian, S.E. Beliau sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan ini dimana peserta yang mengikuti Daurah tidak hanya berasal dari Kota Kolaka tapi juga dari beberapa daerah diluar kolaka . Harapan Beliau bagi para muslimah lewat kegiatan daurah ini untuk membekali diri dengan ilmu syar’i dalam persiapan menyambut Ramadhan dan bisa terus istiqamah setelah Ramadhan berakhir.

“Fiqih Ramadhan dan Amaliah Ramadhan” menjadi dua Materi penting dalam acara daurah Ini, karena materi merupakan bekal seorang Muslimah untuk menyambut Ramadhan. Materi Fiqih Ramadhan yang menjelaskan keutamaan Ramadhan dan Puasa dibawakan oleh Ustadzah Sri Endang Wahyuni Rasmin, S.Si. Apt.

Diakhir acara peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kajian islam yang akan menjadi sarana belajar islam muslimah Kolaka.

250 Muslimah Palopo Siap Sambut Ramadhan 1442 H

0

Ahad (28/3/2021) Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Palopo gelar kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah dengan tema “Ramadhan Refleksi Kebersamaan” secara virtual yang dihadiri 250 peserta dari 9 kecamatan di kota palopo.

Ketua Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Palopo, Ustadzah Elis Kusmiaty.R, S.Pd.I memberi sambutan. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya di bulan sya’ban sebagai salah satu usaha mempersiapkan bekal terbaik dalam menyambut ramadhan. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini bisa kembali membangkitkan semangat kita dalam menyambut datangnya ramadhan yang tinggal menghitung hari.

Disisi lain Ibu Wakil Walikota Palopo Ibu Hj. Nurlinda Sabani, SE., M.000M turut memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah. Beliau mengucapkan apresiasi kepada Lembaga Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Palopo atas terselenggaranya kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah. Beliau mengatakan, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Beliau juga mengajak Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Palopo berperan aktif mendukung program pemerintah. Seperti membentuk kelompok-kelompok pengajian, kelompok-kelompok hafidz dan hafidzah, sehingga dapat melahirkan generasi Qur’ani. Selain itu beliau juga berharap Muslimah Wahdah Islamiyah dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan organisasi lainnya untuk mewujudkan visi-misi pembangunan kota Palopo menjadi kota IDAMAN (Indah, Damai dan Nyaman).

Disamping itu kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah yg melibatkan 9 Kecamatan di Kota Palopo ini, berlangsung dengan 3 titik secara virtual yang masing- masing ustadzahnya membawakan materi yang sama yaitu Fiqh Ramadhan dan Amalia Ramadhan. Ini merupakan tahun kedua Daurah Ramadhan Muslimah diselenggarakan secara virtual.

Diakhir materi, Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Palopo mengajak para peserta untuk ikut bersedekah untuk perjuangan dakwah Muslimah di kota palopo.

Muslimah Wahdah Banda Aceh Refleksikan Kebersamaan Sambut Ramadhan 1442 H

0

Ahad (28/3/2021), Muslimah wahdah Banda Aceh menggelar kegiatan Daurah Ramadhan muslimah Mengusung tema Ramadhan Refleksi Kebersamaan. Sebanyak 67 peserta hadir dalam ruang virtual yang dibuka oleh ketua Divisi Dakwah Muslimah Wahdah Islamiyah Wilayah Aceh ustadzah Ria Novrika, ST. MT. Dalam sambutannya ustadzah Novrika menyampaikan bahwa Daurah Ramadhan Muslimah merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan untuk memberikan bekal keilmuan kepada Muslimah dalam rangka membekali diri untuk menyambut Ramadhan yang mulia. Dalam sambutan ya beliau juga memaparkan tentang program kerja yang telah dilaksanakan oleh Muslimah Wahdah Islamiyah Wilayah Aceh.

Hadir sebagai pembicara yaitu Ustadzah Siska Melida Yani, A. Md dan Ustazah Harniaty Latief. Dengan dua materi yaitu Fiqh Ramadhan dan amaliah-amaliah Ramadhan. Dalam pemaparan kedua pemateri menjelaskan dan memaparkan secara rinci sekaitan dengan berbagai hukum-hukum fikih dan sunnah serta amalan-amalan sunnah yang perlu dilakukan selama Ramadhan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pahala di sisi Allah agar mendapat derajat taqwa.

Peserta yang hadir berasal dari berbagai Kabupaten di Aceh diantaranya dari Kabupaten Bireun, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Utara, Pidie Jaya, Subulussalam dan Aceh Tamiang. Antusiasme peserta yang tinggi terlihat dari seluruh peserta yang tidak meninggalkan ruang virtual zoom meeting hingga acara selesai.

Berbenah Diri Sambut Ramadhan 1442 H, Daurah Ramadhan Muslimah Kembali Digelar di Soppeng

0

Soppeng – Tahun kedua menyambut bulan suci ramadhan ditengah pandemi tidak menyurutkan semangat muslimah untuk berbenah diri. Daurah Ramadhan kembali digelar dengan mengusung tema “Ramadhan Refleksi Kebersamaan” yang diselenggarakan secara virtual dengan menghadirkan 106 partisipan, Ahad (28/03/2021)⠀

Kegiatan ini dilaksanakan didua titik, dimana titik satu menggabungkan 4 kecamatan yaitu kecamatan Lalabata, Donri-donri, Marioriwawo, Dan Ganra. Sedangkan titik dua menggabungkan 3 kecamatan yaitu Kecamatan Liliriaja, Lilirilau, dan Marioriawa. Camat lalabata dalam sambutannya yang diwakili oleh ibu Rukmadayanti menyampaikan rasa simpati terhadap kegiatan Daurah Ramadhan muslimah ini.⠀

“Sudah 1 tahun pandemi belum berakhir, tapi kita harus tetap fokus dan menjalin silaturahim yang lebih baik lagi. Saya sangat Simpati dengan kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah ini karena mampu membawa kita menjadi insan yang lebih beriman dan bertakwa” Ujarnya.⠀

Selain itu dititik kedua Yang dibuka oleh Ibu Camat Lilirilau Alimah, S.STP, dalam sambutannya ia berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta mampu meningkatkan wawasan pengetahuan sebagai bahan untuk berbenah menyambut bulan suci Ramadhan.⠀

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini saya beraharap para peserta mampu meningkatkan wawasan ilmu untuk menyambut bulan ramadhan dan bisa meningkatkan ibadah ramadhan kita, saya jga mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik sehingga apa yang kita dapatkan juga bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari – hari” tuturnya.⠀

Daurah Ramadhan Muslimah ini dilaksanakan oleh Unit Dakwah Muslimah Wahdah Soppeng, dimana tahun ini merupakan kali kedua daurah ramadhan muslimah digelar ditengah pandemi.⠀

Muslimah Wahdah Islamiyah Muna Laksanakan Daurah Ramadhan Muslimah 1442 H Via Online dan Offline

0

Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Muna melaksanakan kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah (DRM) di Gedung SD Ibnu Abbas Muna menghadirkan 43 peserta offline dan 37 peserta online pada Ahad (28/3/2021).

Kegiatan yang bertajuk Ramadhan Refleksi kebersamaan ini dibuka oleh ketua Muslimah Wahdah Muna Waode Atmanegara S.gz. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa program Daurah Ramadhan ini adalah merupakan program Nasional Muslimah Wahdah Islamiyah yang diselenggarakan serentak oleh masing-masing Muslimah Wahdah daerah dalam rangka menyambut bulan yang mulia, Ramadhan. “Tentunya, kegiatan ini sebagai bentuk cinta kami kepada para muslimah dan sebagai bentuk kebutuhan kita dalam rangka memperkenalkan bekal kita dalam menyambut bulan yang penuh berkah, bulan Ramadhan.” Tuturnya.

Ada dua materi yang diberikan kepada peserta pada kegiatan ini. Materi pertema dengan judul Fiqih Ramadhan dibawakan oleh Ketua Muslimah DPD Wahdah Islamiyah Konawe ustadzah Ira Maya santi, S.Pd. I. secara virtual. Beliau menyampaikan bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dari 12 bulan yang Allah tetapkan bagi kita kaum muslimin. Ada satu bulan yang memiliki keutamaan yang luar biasa dibandingkan bulan-bulan yang lain, bulan ini adalah bulan suci ramadhan. Sehingga, pantas dan wajarlah kalau kemudian kita mempersiapkan diri kita dengan sebaik mungkin untuk kemudian menyambut bulan suci Ramadhan ini. Salah satu yang perlu kita siapkan adalah ilmu terkait bulan Ramadhan itu sendiri.

Selanjutnya, Materi ke dua juga dibawakan secara virtual oleh ustadzah Normalaela Patta Unjung S.Pd. (Ketua Divisi Pengembangan Usaha Muslimah DPW Wahdah Islamiyah Sultra) Dengan materi Amaliah-Amaliah bulan Ramadhan. “Bagaimana menyambut bulan Ramadhan? Kita harus menyambutnya dengan suka cita sebagaimana sepasang kekasih yang lama berpisah dengan kekasihnya selama 11 bulan”, tutur beliau. Adapun amalan-amalan Ramadhan yang disampaikan oleh beliau adalah berpuasa, membaca Al-Qur’an, tarwih/shalat malam, sedekah, umrah dan i’tikaf. Beliau menambahkan di akhir materi, untuk menjadi orang mulia di sisi Allah kita tidak perlu mencari aktifitas yang lain, banyak-banyaklah beraktifitas dan bermulazamah dengan Al-Qur’an. Apalagi ini bulan Qur’an, bulan Ramadhan maka sepantasnya di bulan Ramadhan ini kita semakin akrab dengan Al Qur’an.

Tak kalah dengan peserta online yang menyimak materi di room zoom hingga akhir para peserta offline juga sangat antusias pada kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sambut Ramadhan 1442 H, Muslimah Wahdah Luwu Utara Gelar Daurah Ramadhan

0

Luwu Utara – Muslimah Wahdah Islamiyah DPD Luwu Utara menggelar Daurah Ramadhan Muslimah dengan tema “Refleksi Kebersamaan” pada Hari Ahad (28/11/2021). Daurah Ramadhan Muslimah ini dihadiri oleh 103 orang peserta yang berasal dari 9 Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara yaitu Kecamatan Masamba, Kecamatan Bone-Bone, Kecamatan Tanalili, Kecamatan Sukamaju, Kecamatan Baebunta, Kecamatan Baebunta Selatan, Kecamatan Malangke, Kecamatan Sabbang, Kecamatan Sabbang Selatan. Bahkan kegiatan ini juga dihadiri oleh peserta di luar dari Kabupaten Luwu Utara yaitu dari Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Maskawati A.Yasir, S.Sos selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Baebunta. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih dan sangat bersyukur karena telah diundang di kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah ini.

Materi yang diangkat dalam kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah tahun ini sangat menarik yaitu berjudul Fiqh Ramadhan dan Amaliah Ramadhan. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias para peserta untuk mencatat bagian-bagian penting dari materi yang disampaikan. Peserta juga disuguhkan video mengenai amaliah ramadhan. Sehingga begitu menambah semangat para muslimah yang hadir untuk mempersiapkan diri menuju Bulan Ramadhan. Di sela-sela materi amaliah ramadhan, pemateri mengajak peserta memberikan infaq terbaiknya untuk kegiatan dakwah khususnya di Luwu Utara ini dan selang beberapa detik para peserta memenuhi kolom chat aplikasi zoom cloud meeting untuk mempersembahkan infaq terbaiknya. Di akhir materi ditutup dengan sesi tanya jawab.

Sebelum kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah ditutup panitia memberikan kesempatan kepada peserta memberikan kesan dan pesannya. “Kegiatan Daurah Ramadhan Muslimah ini membuat saya semangat lagi menghadapi Bulan Suci Ramadhan ini yang awalnya saya merasa biasa-biasa saja dan sekarang alhamdulillah semakin semangat dan sehingga ada beberapa planning untuk kedepannya. In syaa Allah.” Ucap Mita Utari salah satu peserta dari Kecamatan Masamba.

Muslimah Wahdah Sidrap Menyambut Ramadhan dengan Menggelar Daurah Ramadhan Muslimah

0

Sambut Ramadhan 1442 H, Muslimah Wahdah Sidrap menyelenggarakan kegiatan Daurah Ramadhan dengan tema Ramadhan Refleksi Kebersamaan secara virtual (Ahad, 28/11/2021)

Kegiatan yang diikuti 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidrap dilaksanakan secara serentak di tiga titik. Titik 1 terdiri dari kecamatan Panca Rijang, Panca Lautang, Wattang Sidenreng dan Wattang Pulu. Di titik 2 terdiri dari kecamatan Baranti, Dua Pitue, Pitu Riase dan Pitu Riawa. Dan di titik 3 dari kecamatan Maritengngae, Kulo, dan Tellulimpoe.

Kegiatan Daurah Ramadhan ini dibuka oleh wakil ketua Muslimah Wahdah Sidrap, Husniah, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan Daurah Ramadhan ini. “Diharapkan di bulan Ramadhan ini, kita mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT dan terlahir sebagai pribadi-pribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelunya.” ungkapnya.

Selain itu, Yuyun Ernawati Samad, S.H.,S.Pd. selaku ketua Muslimah Wahdah Sidrap sekaligus pemateri pertama dalam kegiatan Daurah Ramadhan ini, mengatakan bahwa bulan Ramadhan ini adalah tamu yang kita nanti-nantikan kedatangannya. Sehingga kita perlu melakukan persiapan-persiapan yang matang untuk menyambutnya. “Lebaran itu bukan tentang orang yang memakai baju baru, tetapi lebaran itu ialah orang yang lahir sebagai pribadi-pribadi yang bertakwah kepada Allah ta’ala.” ungkapnya.

“Memperbanyak doa kepada Allah ta’ala selama bulan Ramadhan.” ungkap Maseati Sappa, S.Pd.I, ketua P2C Muslimah Wahdah Sidrap. Dalam materi kedua yang dibawakannya, beliau menyampaikan amaliah-amaliah yang harus dikerjakan selama bulan Ramadhan.

Daurah Ramadhan Muslimah Sukses Dilaksanakan Secara Virtual di 10 Kecamatan di Kabupaten Enrekang

0

Enrekang – Muslimah wahdah daerah enrekang mengadakan kegiatan daurah ramadhan dengan tema “Ramadhan, Refleksi kebersamaan”. Digelar pada hari ahad (28/3/2021) secara virtual melalui aplikasi zoom Meeting. Kegiatan daurah ramdahan ini bertujuan sebagai salah satu sarana untuk mendapat ilmu dalam mempersiapkan ibadah menyambut bulan ramadhan.

Acara dibuka langsung oleh Ketua Muslimah Wahdah Daerah Enrekang yang diwakili oleh ustadzah Suniati S.Pd dan ustadzah Novriany Djafar. Dalam sambutannya harapan beliau kepada seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik, menyimak materi terkait ramadhan sehingga ramadhan tahun ini menjadi lebih baik dari tahun yang lalu “Al-‘ilmu Qabla Al-Qaul wa Al’Amal”.

Para mubalighot hadir membawakan materi daurah, diantaranya Ustadzah Dra.Sitti Masrurah, Ustadzah Suriani, S.Pd, ustadzah Nurhidayah, S.Pd, dan ustadzah Darmawati. Materi pertama mengenai “Fikih Seputar Ramdhan dan Amaliah Ramdhan” selain itu ada juga persembahan video yang dibawahkan oleh panitia pelaksana.

Daurah ramadhan tersebut dihadiri oleh 200 lebih peserta yang terpusat di 10 kecamatan yakni kecamatan Enrekang, Aggeraja, Baraka, Buttu Batu, Curio, Malua, Masalle, Cendana, Maiwa dan Alla yang terbagi dalam 2 zona.

Jelang akhir acara, diadakan fundraising yang disambut antusias oleh para muslimah Enrekang. Alhamdulillah para peserta merasa bangga dapat mengikuti kegiatan daurah ramadhan yang mereka diungkapkan melalui chat room.

Sambut Bulan Suci, Muslimah Wahdah Sinjai Menggelar Daurah

0

Sinjai – Muslimah Dewan Pimpinan Daerah Muslimah Wahdah Sinjai mengadakan Daurah Ramadhan Muslimah (DRM) dengan tema “Ramadhan Refleksi Kebersamaan” yang bertujuan memberikan pemahaman keislaman bagi peserta dalam mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan.

Daurah ini digelar pada hari Ahad ini (28/03/2021) dengan menghadirkan peserta hingga 240 partisipan. Partisipan yang berasal dari beberapa kecamatan di Sinjai yang dilakukan di dua titik, titik 1 yakni Sinjai Utara, Sinjai Timur, Buluppoddo, Pulau 9, dan Kajuara. Titik 2 yakni Sinjai Selatan, Sinjai Tengah, Sinjai Barat, Sinjai Borong, dan Tellulimpoe.

Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, S.P, M.Sp. Beliau berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga akhir, “Pandemi sampai sekarang belum reda. Namun demikian, saya berharap hal itu tidak menjadi penghalang bagi kita untuk lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa dan kita berharap keridaan Allah”, ungkapnya.

Antusiasme peserta terlihat dalam room virtual ini dengan melihat jumlah peserta yang terus bertambah dan respon pada chat room yang menyampaikan kesan pertama selama mengikuti kegiatan ini.

Materi pertama mengenai “Fikih Ramadhan”, Ustadzah Rosniar Ambo Tang, S.Pd menyampaikan bahwa jangan sampai kita lalai dan meninggalkan ibadah-ibadah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan yaitu, malam terdapatnya malam lailatul qadr. Tidak hanya itu, ibu yang akrab disapa Ummu Thufail ini mengingatkan agar memperbaiki niat dalam berpuasa, memperhatikan sunnah-sunnah berpuasa dan hal yang dapat membatalkannya.

Sementara itu, materi mengenai “Amaliah-amaliah Ramadhan”, Ustadzah Firnawati Arsyad mengajak peserta agar senantiasa meningkatkan amalan-amalan wajib dan sunnah di bulan Ramadhan sebagai sarana mencapai takwa dan mendekatkan diri kepada Allah. “Tidak ada manusia yang telepas dari dosa maka mari kita memperbaiki amal ibadah kita di bulan Ramadhan nanti”,tandasnya.

Daurah ini diakhiri dengan pemberian doorprize kepada 3 peserta dengan kriteria tertentu. Alhamdulillah para peserta memperoleh manfaat kebaikan dari kegiatan daurah ini, seperti halnya diungkapkan dalam kesan dan pesan peserta di room chat zoom.

“MasyaAllah semoga dengan daurah ini bisa menjadikan kita lebih baik untuk menyambut bulan suci Ramadhan.” harap salah satu peserta daurah Ramadhan muslimah.