Ahad 7 Ramadhan 1440 H, 12 Mei 2019 M, Muslimah Wahdah Islamiyah Pusat lakukan aksi Ifthar On the road dengan mengusung tema Kurangi sampah plastic. Sebanyak 400 paket Ifthar dibagikan kepada masyarakat yang melewati jalan raya antang depan Pusat dakwah Muslimah Wahdah Islamiyah. Kegiatan yang merupakan rangkaian dari silaturahmi dan buka puasa bersama Muslimah Wahdah Islamiyah ini menyajikan nuansa baru yaitu eco ifthar dengan mengusus tema mengurangi sampah plastik.

Sebagai ormas yang peduli dengan berbagai masalah ummat hal ini tentu sangat perlu diseriusi. Hal ini bahkan menjadi sebuah kebijakan bagi ormas wahdah Islamiyah yang diteruskan secara teknis oleh Muslimah wahdah Islamiyah dalam berbagai bentuk. Berbagai upaya dilakukan oleh muslimah wahdah diantaranya adalah dengan membuat alternatif kemasan non plastic untuk makan maupun untuk berbagai hal yang biasa menggunakan kemasan plastik.


“Keberhasilan pengurangan sampah plastik dan limbah sebagai bagian dari pengendalian perubahan iklim sangat bergantung pada perubahan perilaku masyarakat. Ketua departemen kesehatan dan lingkungan Muslimah wahdah Islamiyah Pusat, dr.Muhyina nur menyatakan, pengurangan sampah tidak bisa berhenti pada penyadartahuan tapi juga harus sampai pada perubahan perilaku masyarakat, wabil khusus di lingkup kader wahdah Islamiyah.

Baca juga http://muslimahwahdah.or.id/gelar-buka-puasa-akbar-ribuan-muslimah-padati-gedung-pusat-dakwah-muslimah-wahdah-bone/


“Seringkali ditemukan masyarakat yang abai meski tahu bahwa sampah harus dikelola. Dan ini tidak terkait dengan tingkat pendidikan,” Untuk mengubah perilaku, perlu sebuah gerakan sosial yang melibatkan semua pihak. Gerakan kurangi penggunaan plastik untuk mengurangi sampah plastik seperti pungut sampah plastik atau membawa kantong belanja sendiri harus terus dikembangkan dengan dukungan kebijakan organisasi tegas ketua Muslimah DPP wahdah Islamiyah, ustadzah Harisa Tipa Abidin. (Infokom MWP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here